Jumat, 28 Maret 2014

STEP MEMULAI BISNIS ONLINE

Oleh: Meili Damiati

1. Tentukan dulu bisnis online bagaimana yang ingin anda jalani. Apakah anda langsung sebagai penjual atau hanya pemasar? Jika anda penjualnya langsung, siapkan produk-produk yang akan anda jual. 

Sebaiknya pilih produk yang jika anda sendiri di posisi pembeli, anda juga menyukai produk tersebut.

2. Sebagai pemilik barang, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah foto produk tersebut dengan mengusahakan hasil gambar yang sesuai dengan aslinya. Upload barang-barang tersebut di jejaring sosial (bagi saya, FB lebih menjanjikan). Tulis keterangan lengkap tentang produk dibawah foto beserta harganya. Jangan lupa tulis contact person agar konsumen mudah menghubungi anda.


3. Jika anda hanya sebagai pemasar (dropshipper), Jalin kerjasama yang baik dengan suplier yang telah anda pilih. Anda tetap bertanggung jawab kepada konsumen hingga barang samapai ke mereka, meskipun pengiriman barang, langsung suplier anda yang melakukan ke alamat konsumen.


4. Rajin-rajinlah promosi produk dengan membagikan foto-foto produk anda di facebook atau sejenisnya. Atau anda bisa mentag teman-teman yang anda yakin mereka tidak terganggu dengan aktifitas taging tersebut. Atau jika ternyata ada yang merasa terganggu, jangan sungkan meminta maaf dan segera meremove nama mereka dari foto anda.


5.Untuk memudahkan transaksi (cek / transfer uang), aktifkan internet banking anda. Jadi tidak perlu repot ke atm untuk memastikan transaksi keuangan.


6. Jaga kepercayaan dan bertanggungj jawablah jika ternyata anda mengalami resiko. Misal: barang rusak ketika nyampe di knsumen. Penjual yang baik akan berbaik hati untuk menggantinya.

Jika ada yang kurang, boleh ditanyakan

-----------
Bkt, 270314

Tidak ada komentar: